Cara Membersihkan Gigi

Age DentalKabar Dental0 Comments

gigi-palsu

Gigi merupakan bagian tubuh yang penting untuk diperhatikan. Pesona seseorang akan semakin bersinar dengan gigi yang indah dan rapi. Seperti gigi asli, gigi palsu juga harus dirawat dan dibersihkan supaya bakteri tidak menempel di gigi. Bakteri akan menimbulkan bau mulut dan merusak warna gigi palsu menjadi buram. Bakteri juga menimbulkan penyakit sariawan, penyakit gusi, kerusakan gigi dan infeksi pada mulut. Gigi palsu membutuhkan perawatan ekstra rumit dari gigi asli, beberapa langkah berikut untuk dapat membersihkan sekaligus merawat gigi palsu

1. Merendam Gigi Palsu.

Selesai di pakai rendamlah gigi palsu dengan air hangat atau cairan pembersih khusus yang dilarutkan dalam air untuk mematikan kuman dan bakteri yang menempel di gigi palsu. Gigi palsu yang kering dapat menjadi media perkembang biakan bakteri yang menempel pada gigi palsu tersebut.
Sebaiknya gigi palsu di copot dan disimpan di gelas berisi air bersih ketika hendak tidur pada malam hari. Hal tersebut mencegah bakteri berkembang biak di gigi palsu yang kering. Setelah direndam semalaman, keesokan harinya sebelum dipakai bersihkan kembali gigi palsu. Cuci bersih terlebih dahulu baru dibilas kemudian dapat di pasang kembali di mulut. Jadi tujuan perendaman agar gigi palsu awet dan higienis

2. Pakai sikat gigi yang lembut

Di pasaran sangat banyak sekali jenis sikat gigi yang dijual. Namun, pastikan hanya menggunakan sikat gigit yang bulunya halus supaya tak merusak gigi palsu. Mengapa harus yang lembut? Memakai sikat gigi dengan bulu yang kasar hanya akan meninggalkan bekas goresan pada permukaan gigi palsu. Nantinya bekas goresan tersebut membuat permukaan gigi jadi kasar dan tidak mengkilap lagi.

3. Pakailah pembersih khusus

Bila anda membuat gigi palsu berdasarkan anjuran dokter, tentu anda juga akan memperoleh rekomendasi untuk memakai pembersih khusus gigi palsu. Pakailah pembersih yang memang khusus diperuntukkan bagi gigi palsu dan jangan sembarangan menggunakan produk tertentu yang tidak dianjurkan oleh dokter. Sebab jika memakai produk yang tidak sesuai dengan anjuran dokter, bisa merusak gigi palsu anda.

4. Cek kondisi gusi

Apabila hendak menggunakan gigi palsu, periksalah terlebih dahulu keadaan gusi. Jangan memaksakan untuk memakai gigi palsu bila gusi sedang bengkak, merah, sariawan, dan sebagainya. Sebab pemakaian gigi palsu justru akan memperparah kondisi tersebut. Konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

gigi-palsu-dalam-gelas

Demikian beberapa tips cara membersihkan gigi palsu, agar awet dan selalu terjaga higenis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *