Cara Merawat Gigi Lebih Baik

Age DentalKabar Dental0 Comments

Cara Merawat Gigi Lebih Baik

Tidak masalah berapapun usia anda, Anda perlu merawat gigi anda. Bila gigi anda sehat, Anda dapat dengan mudah mengonsumsi makanan yang Anda butuhkan untuk nutrisi yang baik. Lantas, apa yang seharusnya kita lakukan untuk merawat gigi kita? Berikut  langkah yang perlu anda lakukan.

1.      Rutin Menyikat Gigi

Menyikat gigi adalah step awal untuk merawat gigi kita, namun beberapa orang masih kurang paham mengenai cara menyikat gigi dengan baik dan benar. Sikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari menggunakan pasta gigi fluoride. Gerakan melingkar saat menggosok gigi adalah cara terbaik untuk membersihkan plak dan sisa makanan dari gigi anda. Selain itu, pastikan bahwa anda menggunakan sikat gigi dengen tekstur lembut (shoft) karena, jika anda salah dalam menggunakan sikat gigi hal tersebut justru akan merusak email dan gusi anda. Pastikan juga anda mengganti sikat gigi anda setiap 3 bulan sekali, jika hal tersebut tidak rutin dilakukan maka anda hanya akan membersihkan gigi dengan sikat gigi berisi bakteri yang justru akan menimbulkan masalah bagi gigi anda.

2.      Perhatikan Makanan dan Minuman

Minuman seperti kopi, teh dan minuman bersoda bisa menodai gigi anda. Pastikan anda membersihkan gigi setelah mengkonsumsinya, Usahakan Anda untuk menghindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan dan minuman bergula, karena gula dapat merusak gigi dan melepaskan enamel. Jika Anda harus makan apapun yang manis atau berbasis gula maka usahakan agar anda membersihkan gigi anda atau setidaknya berkumur agar noda tidak dengan mudah bersarang di gigi anda.

3.      Jangan merokok

Merokok, memiliki ribuan cara untuk merusak tubuh anda dan salah satunya  bisa terjadi  dengan gigi Anda. Tidak hanya noda nikotin yang bisa membuat gigi anda berwarna kuning tapi bahan kimia di rokok dapat menyebabkan masalah kesehatan gusi dan asap rokok yang akan menggerogoti email gigi anda. Jika Anda seorang perokok maka demi kesehataan dan gigi anda, berhentilah merokok.

4.     Periksakan Gigi

Yang terakhir adalah periksakan gigi anda. Sakit atau tidak, sebaiknya Anda rutin mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut. Jika tidak ada masalah, Anda dapat membersihkan karang gigi. Jangan pernah malas untuk memeriksakan gigi anda ke dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *